Mengatasi Masalah Printer “Spooling”

1. Menghapus dokumen secara manual.
Cara yang pertama adalah mencoba menghapus secara manual antrian dokumen pada jendela print queue tersebut. Bagi anda yang belum tau cara memunculkannya cukup double klik icon printer di bawah taskbar atau klik start, klik printer and faxes, double klik pada icon printer yang dikehendaki.

Pada jendela print queue terdapat beberapa kolom yaitu:

* DokumenName : yang merupakan nama dokumen yang kita cetak.
* Status : status dokumen pada antrian yaitu spooling, paused atau printing.
* Owner : user name orang yang mencetak dokumen
* Pages : menampilkan jumlah halaman yang sudah dicetak dan jumlah keseluruhan halaman.
* Size : ukuran dokumen dalam kilobytes
* Submitted : menampilakan waktu pada saat dokumen dikirim ke printer.

Untuk menghapus dokumen dari daftar antrian cukup klik kanan dokumen tersebut dan pilih cancel.

2. Menghapus file di folder C:\WINDOWS\system32\spool\PRINTERS
Apabila cara yang pertama tidak berhasil, maka kita harus menghapus dokumen tersebut dari folder spool yang ada di folder Windows\System32. Untuk melakukan hal ini tentu saja account yang kita pakai harus memiliki previllage sebagai Administrator. Berikut cara menghapus file-file tersebut.

1. Klik Start, klik Control Panel dan pilih Administrative tools, klik Service
2. Cari “service” yang namanya PrintSpooler kemudian klik kanan dan pilih Stop. Jangan ditutup dulu window Service

3. Buka folder C:\WINDOWS\system32\spool\PRINTERS
4. Hapus semua file yang ada di folder PRINTERS tersebut.
5. Kembali ke jendela Windows Services, klik kanan pada?Print?Spooler dan pilih Start

Setelah file-file di folder C:\WINDOWS\system32\spool\PRINTERS dihapus dan service Print Spooler aktif kita bisa memulai lagi mencetak dokumen.

3. Close Session
Untuk printeryang dipake secara ramai-ramai (sharing), kadangkala terjadi kasus dimana terdapat user yang tidak bisa mengirim dokumet ke printer sharing tersebut sementara user yang lain tidak bermasalah. Biasanya kalau kita lihat ke jendela Printer and Faxes maka status printertersebut adalah unable to connet. Untuk mengatasi hal ini kita bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:
1. Buka jendela Computer Management. Klik kanan icon my computer, klik manage.
2. Expand System Tools, kemudian expand Shared Folder, da klik Sessions.
3. Pada jendela sebelah kanan terdapat daftar user yang terhubung ke komputer kita.
4. Cara yang paling mudah blok aja semua user lalu pilih close session.
5. Kemudian coba lagi user yang tadi untuk melihat status printer pada jendela Printer and Faxes, kalau statusnya sudah ready maka printer sharing tersebut bisa dipake untuk ngeprint lagi.
Demikianlah cara yang bisa kita lakukan apabila terdapat printeryang tidak bisa mengeprint.

sumber : forumkompas.com

Categories: Pengetahuan | 10 Komentar

Navigasi pos

10 thoughts on “Mengatasi Masalah Printer “Spooling”

  1. maksih infonya 🙂

  2. After I originally commented I appear to have clicked the -Notify me when new comments are added- checkbox and from now on whenever a comment is added I receive 4 emails with
    the same comment. Perhaps there is a means you are able
    to remove me from that service? Thank you!

  3. Hi there! I know this is kind of off topic but I was wondering which blog platform are you
    using for this website? I’m getting tired of WordPress because I’ve
    had problems with hackers and I’m looking at alternatives for another platform. I would be great if you could point me in the direction of a good platform.

  4. I got this web page from my friend who shared with me concerning this web
    page and at the moment this time I am visiting this web
    site and reading very informative content here.

  5. Howdy very nice website!! Man .. Excellent .
    . Amazing .. I will bookmark your web site and
    take the feeds also? I’m satisfied to search out numerous useful info right here within the put up, we need develop extra strategies in this regard, thank you for sharing. . . . . .

  6. I go to see each day some websites and blogs to read articles,
    however this blog provides feature based writing.

  7. I blog often and I seriously thank you for your content.
    The article has really peaked my interest. I will take a note of
    your blog and keep checking for new information about once a
    week. I subscribed to your RSS feed too.

  8. Nicky

    Thank you, cara no 2 membantu printer saya aktif kembali. 😊

Tinggalkan Balasan ke radio sales Batalkan balasan

Blog di WordPress.com.